Pengertian Teks Iklan
Teks iklan merupakan salah satu media promosi yang efektif dalam memasarkan
berbagai produk kepada konsumen karena daya jangkauannya yang luas dan masif.
Tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa
kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli,
hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan. Persaingan di
bidang iklan memang semakin tajam sejak adanya televisi. Namun, media cetak
tetap memiliki pangsa pasar tersendiri dan tetap menjadi target produsen dalam
mengiklankan produknya.
Fungsi Teks Iklan
Fungsi Teks Iklan
Secara sederhana, pengertian teks iklan adalah sebagai pesan yang
menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media.
Namun, untuk membedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk
membujuk orang supaya membeli. Iklan mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai
berikut.
1.
Sebagai informasi (menyampaikan info produk baru,
ciri-ciri, dan lain-lain).
2.
Sebagai persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli).
3.
Sebagai reminder (iklan mengingatkan konsumen tentang
produk tertentu agar selalu menggunakan produk tersebut).
Struktur Teks Iklan
Teks iklan yang akan anda pelajari
pada artikel ini berisi tentang promosi produk barang dan jasa. Anda diharapkan
agar dapat memahami contoh teks iklan produk dibawah
ini. Sebuah teks iklan memiliki struktur yang terdiri dari judul, nama produk,
dan penjelasan tentang produk.
1. Judul, adalah
tahap yang umumnya diletakkan dibagian atas serta dilihat pertama kali oleh
orang, namun ada juga berbagai iklan yang tak mencantumkan judul didalamnya.
2. Nama Produk
alias Jasa, adalah tahap yang isinya mengenai produk alias
jasa yang hendak ditawarkan terhadap masyarakat.
3. Deskripsi, adalah
tahap yang berisi penjelasan mengenai produk serta jasa yang hendak ditawarkan
terhadap khalayak, biasanya tahap ini ditulis dengan hebat serta kalimatnya
mengundang orang lain untuk membeli produk alias jasa tersebut.
Ciri Kebahasaan Teks Iklan
Selain struktur yang telah diuraikan
diatas, teks iklan juga memiliki ciri-ciri kebahasaan yang membedakan dengan
teks-teks lain. Ciri-ciri kebahasaan tersebut adalah sebagai berikut.
1.
Menggunakan Slogan
Slogan adalah perkataan atau kalimat
yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Slogan
biasanya terdiri dari empat sampai lima kata yang mudah diingat dan tentunya
memiliki daya tarik yang kuat agar pesan yang dimaksud bisa sampai ke orang
yang diajak.
Dalam iklan, slogan adalah
pernyataan atau susunan kata tertentu yang menjelaskan singkat suatu produk
atau jasa layanan sehingga mudah diingat publik. Slogan sangat penting untuk
dunia periklanan. Dengan slogan, iklan tersebut akan mudah diingat publik dan
akan lebih terkenal. Selain iklan, slogan juga digunakan pada saat kampanye,
misal kampanye anti narkoba, anti korupsi, da kampanye pemilihan daerah.
Kalimat-kalimat slogan haruslah
kreatif dan juga tidak ketinggalan zaman agar masyarakat semakin mudah
mengingatnya. Penggunaan slogan yang berhasil terlihat dari seberapa jauh
masyarakat mengenal slogan tersebut. Bila slogan berhasil, hanya dengan
mendengar slogannya, orang-orang akan mengetahui jenis produk yang memakai
slogan tersebut.
2.
Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif adalah kalimat
yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima
gagasan penulis terhadap suatu hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yang
terdapat pada iklan produk tersebut, salah satunya adalah : "murah, cepat
dan handal".
3. Menggunakan Subjek Orang
Pertama
Teks iklan biasanya menggunakan
subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti aku, saya, dan kami untuk
mengganti pihak atau instansi pemasang iklan. Subjek yang digunakan pada teks
iklan tersebut adalah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.
IKLAN
KOLOM
Iklan kolom (display) terdiri atas ilustrasi/ gambar atau foto atau
bagan) dan kata-kata.
Iklan kolom dilihat dari ukurannya lebih
besar daripada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran, untuk
menarik perhatian pembaca.
Iklan kolom berisi penawaran, ajakan, dan rayuan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Di dalam iklan kolom, ada juga iklan pribadi atau keluarga yang berisi informasi atau pemberitahuan kepada umum, misalnya iklan tentang berita pernikahan, berita dukacita, ucapan terima kasih, dan lain-lain. Selain itu, ada juga iklan layanan masyarakat yang disampaikan oleh pemerintah, misalnya iklan keluarga berencana, kampanye bahaya narkoba, dan sebagainya.
Iklan kolom berisi penawaran, ajakan, dan rayuan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Di dalam iklan kolom, ada juga iklan pribadi atau keluarga yang berisi informasi atau pemberitahuan kepada umum, misalnya iklan tentang berita pernikahan, berita dukacita, ucapan terima kasih, dan lain-lain. Selain itu, ada juga iklan layanan masyarakat yang disampaikan oleh pemerintah, misalnya iklan keluarga berencana, kampanye bahaya narkoba, dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar