PENYIMPANAN DAN
PEMELIHARAAN
SARANA DAN
PARASARANA
(UNTUK KELAS 12
AP)
PENGGUNAAN
SARANA DAN PRASARANA
Penggunaan
sarana dan prasarana adalah pemanfaatan segala jenis barang yang sesuai dengan
kebutuhan secara efektif dan efisien. Dalam hal pemanfaatan sarana, harus
mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
1.
Tujuan yang
akan dicapai
2.
Kesesuaian
antar media yang akan digunakan dengan materi yang akan dibahas
3.
Tersedianya
sarana dan prasarana penunjang
4.
Karakteristik
siswa
PRINSIP PENGGUNAAN SARANA DAN PRASARANA
Terdapat dua
prinsip penggunaan sarana prasarana di sekolah yang harus diperhatikan dalam
pemakaian perlengkapan pendidikan, yaitu:
1.
Prinsip
efektivitas
Prinsip efektivitas berarti semua pemakaian
perlengkapan pendidikan di sekolah harus ditujukan semata-mata dalam
memperlancar pencapaian tujuan pendidikan sekolah, baik secara langsung maupun
tidak langsung.
2.
Prinsip
efisiensi
Prinsip efisiensi berarti semua pemakaian
perlengkapan pendidikan secara hemat dan hati-hati sehingga semua perlengkapan
yang ada tidak mudah habis maupun rusak
PENYIMPANAN
Penyimpanan
adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan kerja atau petugas gudang untuk
menampung hasil pengadaan barang atau bahan kantor, baik berasal dari
pembelian, instansi lain, atau yang diperoleh dari bantuan.
Tujuan
penyimpanan sarana dan prasarana kantor, antara lain:
1.
Agar barang tidak cepat rusak.
2.
Agar tidak terjadi kehilangan barang.
3.
Mudah ditemukan apabila barang tersebut dicari.
4.
Memudahkan dalam pengawasan.
5.
Memudahkan dalam analisis barang.
PEMELIHARAAN
Pemeliharaan
adalah kegiatan terus-menerus untuk mengusahakan agar barang/bahan kantor tetap
dalam keadaan baik atau siap untuk dipakai.
Tujuan
pemeliharaan sarana dan prasarana kantor, antara lain :
1.
Mengoptimalkan usia pakai per alat
2.
Menjamin ketersediaan peralatan yang diperlukan
3.
Menjamin kesiapan operasional peralatan
4.
Menjamin keamanan penggunanya
MACAM
PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA
Ditinjau
dari sifatnya ada 4 macam pemeliharaan sarana prasarana pendidikan di sekolah
antara lain:
1.
Pemeliharaan
perlengkapan bersifat pengecekan
2.
Pemeliharaan
yang bersifat pencegahan
3.
Pemeliharaan
yang bersifat perbaikan ringan
4.
Perbaikan
berat.
Sedangkan
jika ditinjau dari waktu pemeliharaannya ada 3 macam pemeliharaan sarana dan
prasarana pendidikan di sekolah antara lain:
1.
Pemeliharaan
sehari-hari (Pemeliharaan yang dilakukan setiap hari)
2.
Pemeliharaan
berkala (Pemeliharaan yang dilakukan pada jangka waktu tertentu)
3.
Pemeliharaan
darurat (Pemeliharaan yang dilakukan saat peralatan mengalami kerusakan)
PEMELIHARAAN
TERENCANA
Pemeliharaan
terencana adalah pemeliharaan yang diprogramkan, diorganisir, dijadwal,
dianggarkan, dan dilaksanakan sesuai dengan rencana, serta dilakukan monitoring
dan evaluasi.
Pemeliharaan
terencana dibedakan menjadi 2, yakni:
1.
Pemeliharaan
preventif
Pemeliharaan yang bersifat pencegahan, adalah
pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan yang secara sadar dilakukan
melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta monitoring
dengan tujuan untuk mencegah terjadinya gangguan kemacetan atau kerusakan
fasilitas atau peralatan sekolah.
2.
Pemeliharaan
korektif
Pemeliharaan yang bersifat memperbaiki akan berkaitan
dengan deteksi kerusakan, penentuan lokasi kerusakan, dan perbaikan atau
penggantian bagian yang rusak.
CONTOH SARANA
DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN
KIPAS
ANGIN
Kipas angin dipergunakan untuk
menghasilkan angin. Fungsi yang umum adalah untuk pendingin udara,
penyegar udara, ventilasi, pengering. Kipas angin secara umum dibedakan
atas kipas angin tradisional antara lain kipas angin tangan dan kipas angin
listrik yang digerakkan menggunakan tenaga listrik.
CARA PEMELIHARAAN
KIPAS ANGIN:
1.
Gunakan
kipas angin seperlunya saja, selain untuk menghemat listrik juga agar kipas
angin bisa tahan lama.
2.
Hindarkan
pemakaian kipas angin dari udara lembab, karena akan merusak mesin dan komponen
kipas. Mesinnya jadi lebih cepat panas dan mengundang karat.
3.
Bersihkanlah
kawat pengaman dan baling-baling pada kipas angin dari debu yang menempel,
usahakan membersihkannya setiap 2 minggu sekali.
4.
Sebelum
menyimpan untuk jangka waktu yang lama, bersihkan dan tutuplah dengan
pembungkus plastik dan simpan ditempat kering.
PRINTER
Printer
adalah alat yang dapat kita gunakan untuk mencetak dokumen (tulisan, gambar dan
tampilan lainnya) dari komputer ke media kertas atau yang sejenis.
CARA
PEMELIHARAAN PRINTER
1.
Gunakan
printer sesering mungkin.
2.
Lakukan
head cleaning pada printer secara berkala untuk tetap menjaga tinta keluar
dengan lancar.
3.
Jagalah
kebersihan printer secara teratur.
4.
Matikan
printer dengan tombol power.
5.
Pastikan
kertas sesuai dengan printer.
6.
Gunakan
tinta refill yang direkomendasikan.
7.
Segera
isi ulang tinta jika sudah menunjukkan tanda habis.
8.
Jangan
menyentuh chip cartdridge dengan tangan.
TELEPON KANTOR
Telepon
adalah alat elektronik yang digunakan sebagai alat komunikasi atau menyampaikan
pesan suara. Telepon hanya bisa melakukan panggilan dan menerima panggilan
saja.
PEMELIHARAAN
TELEPON KANTOR
1.
Jangan
menggunakan Telepon pada saat tangan basah.
2.
Perhatikan
gagang telepon ketika selesai menggunakannya, letak gagang yang salah akan
mempersulit orang lain menelepon Anda.
3.
Setelah
Telepon, letakkan gagang secara terlahan, jangan dibanting.
4.
Bersihkan
tombol-tombol Telepon dengan tisu setiap hari agar terhindar dari debu.
5.
Letakkan
Telepon di tempat yang aman.
6.
Perhatikan
letak kabel Telepon, jangan sampai melintas di sembarang tempat.
LCD PROYEKTOR
Merupakanlayar
digital yang dapatmenampilkannilai yang dihasilkanoleh sensor
dandapatmenampilkan menu yang terdapatpadaaplikasi yang
bernamamikrokontrolerdanjugadapatmenampilkanteks.
CARA
PEMELIHARAAN LCD PROYEKTOR
1.
Bersihkan LCD
setiapharipadabodiproyektordengankainlembut
2.
Bersihkanlensadengan
cleaning paper ataucairanpembersihlensa
3.
Dan simpan LCD
padatempatnya.
4.
Jangan
mencopot kabel sebelum LCD sudah benar-benar mati.
GAZEBO
Gazebo
berasaldari kata gaze (Inggris) yang artinyamemandang, danprefiksatauimbuhanebo
(Latin) yang artinyakeluar. Jadimakna kata gazebo,
kuranglebihadalahtempatuntukmemandangkeluar.
Gazebo
adalah salah satu fasilitas dengan ruang-ruang terbuka sebagai alternatif
tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama orang-orang sekitar
kita.
1.
Sebagai ruang tamu
2.
Ruang makan
3.
Tempat
belajar
4.
Tempatbersantai
5.
Tempatberkumpul
FUNGSI GAZEBO DI
LINGKUNGAN SEKOLAH:
1.
Ruang
transit siswa
2.
Ruang
pembelajaran / aktivitas siswa
3.
Ruang
mengapresiasi karya siswa
4.
Ruang
kegiatan keagamaan
PERPUSTAKAAN
Perpustakaan
adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan
tertiban lainnya yang biasa disimpan menurut tata susunan tertentu yang
digunakan pembaca bukan untuk dijual.
MANFAAT
PERPUSTAKAAN
1.
Dapat
menimbulkan kecintaan siswa terhadap membaca.
2.
Dapat
memperkaya pengalaman belajar siswa.
3.
Menanamkan
kebiasaan belajar mandiri.
4.
Memperlancar
siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah.
5.
Membantu
guru menemukan sumber belajar
JENIS-JENIS
PERPUSTAKAAN
1.
Perpustakaan
Nasional RI
2.
Badan
Perpustakaan Daerah
3.
Perpustakaan
Umum
4.
Perpustakaan
Perguruan Tinggi
5.
Perpustakaan
Sekolah
6.
Perpustakaan
Khusus
7.
Perpustakaan
Lembaga Keagamaan
8.
Perpustakaan
Internasional
9.
Perpustakaan
Kantor Perwakilan Negara-negara Asing
10.
Perpustakaan
Pribadi / Keluarga
11.
Perpustakaan
Digital
SYARAT PERPUSTAKAAN
1.
Adanya
koleksi atau bahan pustaka
2.
Koleksi
tersebut dikelola menurut tata susunan atau sistem tertentu.
3.
Koleksi
digunakan dan dimanfaatkan oleh pemakainya, bukan untuk dijual.
FUNGSI
PERPUSTAKAAN
1.
Fungsi
Edukatif
Dapat membantu
siswa untuk belajar dan memperoleh kemampuan dasar dalam menstransfer
konsep-konsep pengetahuan.
2.
Fungsi
Rekreasi
Perpustakaan
dibangun sebagai tempat rekreasi bagi mereka yang gemar membaca
3.
Fungsi
Informatif
Memberikan
informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan para siswa dan
guru.
4.
Fungsi
Riset dan Penelitian
Dapat dijadikan
bahan/sumber untuk membantu melakukan kegiatan penelitian.
5.
Fungsi
Penyimpanan
Perpustakaan dapat dijadikan sebagai
tempat untuk menyimpan berbagai koleksi buku
CLOSED CIRCUIT
TELEVISION
CCTV
merupakan sebuah kamera video digital yang difungsikan untuk memantau dan
mengirimkan sinyal video pada suatu ruang yang kemudian sinyal itu akan
diteruskan kesebuah layar monitor.
CARA MERAWAT CLOSED
CIRCUIT TELEVISION
1.
Membersihkanlensa 1 bulansekali
2.
Memeriksakoneksi
3.
Memeriksa
rangkaian padakamera
4.
Selalumengawasisistemkerja CCTV
5.
Memindahkanhasilrekaman
yang perluhdisimpanpadasystem
KELEBIHANCLOSED
CIRCUIT TELEVISIONSEBAGAI
PENGAWASAN PEMBELAJARAN DI KELAS
1.
Melatih kedisiplinan warga sekolah
2.
Pencegahan tindakan kriminalitas, seperti bullying
maupun tindak pencurian
3.
Menumbuhkan perilaku jujur
4.
Sebagai media pengawasan dan evaluasi kegiatan
belajar mengajar
KEKURANGANCLOSED
CIRCUIT TELEVISIONSEBAGAI PENGAWASAN
PEMBELAJARAN DI KELAS
1.
Membatasi interaksi warga siswa di dalam kelas
2.
Siswa akan merasa lebih nyaman di luar kelas
3.
Suasana kelas penuh kepura-puraan
4.
Budget pengadaan CCTV cukup besar
***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar